Headlines News :
Home » , , » Menyambut Tahun Baru 1435 H

Menyambut Tahun Baru 1435 H

Written By salam semangat on Monday 4 November 2013 | 11/04/2013

Malam ini bertepatan dengan tanggal 1 Muharrom 1435 H merupakan awal tahun bagi umat Islam. Jadi malam ini kita sedang merayakan tahun baru. Berarti kita meninggalkan tahun lalu, dan memasuki tahun baru hijriyah.  
Didalam tahun baru ini, kita senantiasa berusaha untuk menjadi hamba Allah SWT yang taat akan perintahnya, dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhi segala larangannya. Marilah kita banyak merenungi diri kita di tahun lalu yang penuh dengan kekurangan, kemaksiatan yang kita lakukan. Dan bukanlah Allah SWT telah berfirman bahwa manusia adalah hambanya yang memiliki tugas untuk beribadah. Kalaulah di tahun-tahun lalu kita masih sering melakukan berbagai kekurangan, maka marilah kita kejar kekurangan-kekurangan itu dengan semangat memperbaiki diri menuju kesempurnaan, baik itu dalam beribadah, bekerja, bermasyarakat, dan berkreasi.
Marilah kita sama-sama melakukan hijroh dari kehidupan yang gelap gulita penuh dosa dan kemaksiatan, menuju kehidupan yang penuh dengan cahaya terang benderang, penuh dengan tobat dan istighfar kepada Allah SWT, karena usia kita semakin berkurang.
Marilah sama-sama kita renungkan hadits Rosulullah SAW berikut:
Ada 4 macam perbuatan tercela yang harus kita jauhi:
  1. Tidak mengingat ingat dosa yang telah lalu, padahal dosa-dosa itu tersimpan disisi Allah SWT.
  2. Menyebut nyebut segala kebaikan yang telah diperbuat padahal siapa pun tidak tahu apakah kebaikan kebaikan itu diterima atau ditolak. 
  3. Memandang orang yang lebih unggul dalam soal duniawi. 
  4. Memandang orang yang lebih rendah dalam hal agama. Allah SWT berfirman, "Aku menghendaki dia sedang dia tidak menhendaki diri Ku, maka dia Aku tinggalkan." 
Sungguh sangat malang dan tiada ungkapan bagi manusia yang ditinggalkan sang Kholiq. Akan tetapi Allah SWT, Maha Bijaksana, sehingga ia tidak menghendaki hamba-hambanya terjerumus dalan kehancuran. Akan tetapi Allah SWT memberikan tuntunan hidup yang berupa agama Islam, yang didalamnya terdapat ajaran-ajaran yang menuju kepada kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Oleh sebab itu berbahagialah bagi mereka yang memperoleh nikmat umur yang panjang dan mengisinya dengan amalan-amalan yang baik dan perbuatan-perbuatan yang bijak. Rasulullah SAW bersabda : 


خَيرُ النَّاسِ مَن طَالَ عُمرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ
"Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalannya." (HR. Ahmad) 
Adalah suatu tindakan yang bijak, jika manusia berbuat salah kemudian ia sadar dan memperbaiki kesalahannya dengan berbuat amalan yang baik dengan komitmen tidak akan mengulangi kesalahannya itu. 

Akhirnya dapat kita simpulkan bahwa :

  1. Sebagai muslim yamg taat dengan ajaran tuhannya, hendaklah kita menyambut tahun baru hijriah ini dengan berbuat dan memperbaiki amalan-amalan kita ditahun lalu. 
  2. Hidup manusia semakin hari semakin berkurang, maka layaknya manusia yang taat pada Tuhannya haruslah ia mempergunakan kesempatan hidupnya didunia ini dengan sebaik mungkin.  
  3. Karena memang ajal manusia rahasia tuhan, dan jarum jam tidak akan pernah berbalik arah sudah sepantasnya manusia itu memperbaiki dirinya.  
  4. Dan hendaklah menyambut tahun baru ini dengan tidak seperti non muslim merayakan tahun baru miladiyahnya.  
 وَشَرُّ النَّاسِ مَن طَالَ عُمرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ
"Dan seburuk-buruk manusia adalah mereka yang panjang umurnya, tapi buruk amalannya."
Mari kita tumbuhkan SEMANGAT memperbaiki diri, sebelum kita memperbaiki orang lain. Kita koreksi diri kita dulu, sebelum mengoreksi diri orang lain. Dan dengan begitu insyallah kita bisa menjadi contoh yang baik bagi orang yang melihatnya. Ingat rumus 3M:
- Mulai dari diri sendiri
- Mulai dari hal yang kecil
- Mulai dari sekarang 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


free website hit counter
English French German Spain Italian Japanese Korean Arabic
SILAKAN DI TERJEMAHKAN DI SINI
 
INFO SS : Semua isi blog ini hanya boleh dipublikasikan untuk kebaikan bersama. Silakan download atau copas yang sahabat perlukan.
Blog Design by Amirul Mu'minin Published by SALAM SEMANGAT
"Andaikan tak ada cinta yang menggores kalbu, tak mungkin engkau mencucurkan air matamu. Meratapi puing-puing kenangan masa lalu berjaga mengenang pohon ban dan gunung yang kau rindu. Bagaimana kau dapat mengingkari cinta sedangkan saksi adil telah menyaksikannya? Berupa deraian air mata dan jatuh sakit amat sengsara". (burdah)