Headlines News :
Home » , » Membaca Surah Al Kahfi

Membaca Surah Al Kahfi

Written By salam semangat on Friday 2 November 2012 | 11/02/2012


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum Wr Wb


Salam semangat buat sobatku semua. Hari ini adalah  hari Jum'ah merupakan hari yang mulia dan juga sebagai hari raya seluruh  umat Islam. Dalam tulisan ini ana mau berbagi sedikit tentang Fadilah dari membaca surah al Kahfi.


Dari dulu sampe sekarang, setiap hari jum'ah pagi di pesantren tempatku mengaji selalu diputarkan murottal surat al Kahfi, jadi sambil jumsih telinga ini selalu didengarkan sama lantunan ayat Allah. Kemudian nanti sebelum sholat Jum'ah, para santri diwajibkan untuk membaca surah Al Kahfi. Semoga ini bisa ditiru oleh yang lain.


Lalu ada apakah dibalik surah yang mulia ini?? Apakah fadilah yang akan didapatkan??


Mari sedikit kita bahas, sesuai dengan ilmu yang ana dapat tentunya, karena ana juga masih belajar...


Banyak sekali hadits yang menerangkan tentang keutamaannya. Di antaranya sebagai berikut:


Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:


مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ


"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ


"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallambersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ


Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.

Jadi, begitu besar keutamaan yang kita dapatkan jika kita bisa mengamalkannya, sambil menunggu kumandang adzan untuk sholat Jum'ah, bisa kita gunakan untuk membaca surah al Kahfi ini, daripada diem terus akhirnya ngantuk....hehehe.... (pengalaman.com) . . .

So, semoga kita bisa istiqomah dalam beramal...
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


free website hit counter
English French German Spain Italian Japanese Korean Arabic
SILAKAN DI TERJEMAHKAN DI SINI
 
INFO SS : Semua isi blog ini hanya boleh dipublikasikan untuk kebaikan bersama. Silakan download atau copas yang sahabat perlukan.
Blog Design by Amirul Mu'minin Published by SALAM SEMANGAT
"Andaikan tak ada cinta yang menggores kalbu, tak mungkin engkau mencucurkan air matamu. Meratapi puing-puing kenangan masa lalu berjaga mengenang pohon ban dan gunung yang kau rindu. Bagaimana kau dapat mengingkari cinta sedangkan saksi adil telah menyaksikannya? Berupa deraian air mata dan jatuh sakit amat sengsara". (burdah)